IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DISTANCE LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 8 PADANG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sarifah Aini Aini Syafri Anwar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi distance learning atau pembelajaran jarak jauh beserta hambatan dan solusinya dalam mata pelajaran geografi di SMA Negeri 8 Padang. Metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengambilan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data dengan cara mereduksi, menyajkan dan memberikan kesimpulan. Hasil penelitian yakni (1) Implementasi distance learning matapelajaran geografi dilaksanakan daring dari rumah menggunakan aplikasi google classroom dan whatsapp group (2) Hambatan yang ditemui yaitu siswa keterbatasan sumber belajar, jaringan, kuota internet sehingga berdampak pada pemahaman materi dan segi guru yang kesulitan dalam penyampaian materi, sulit mengetahui kemampuan pedagogik dan sosial siswa secara online lalu pengawasan ke siswa sulit dan (3) Sekolah melakukan IHT (In House Training) dan seminar tentang aplikasi belajar online yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh, kemudian untuk siswa yang terkendala jaringan dan kuota diperbolehkan mengirim tugas pada rentang waktu yang ditentukan atau secara tatap muka disekolah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles