IMPLEMENTASI LITERASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 15 PADANG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Khairani Anisya putri Nofrion Nofrion

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi teknologi dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 15 Padang yang dilihat dari indikator kemampuan literasi teknologi yaitu konten, proses, konteks, dan sikap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan IPS dan MIA  di SMA Negeri 15 Padang yang berjumlah 252 siswa. teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel ini adalah simple random sampling sampel diambil sengan secara acak yang berjumlah 72 siswa. Sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari peserta didik kelas X dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari Tata Usaha SMA Negeri 15 Padang. Instrument penelitian ini adalah angket dan data diolah dengan rumus persentase. Hasil penelitian didapatkan bawha Implementasi literasi teknologi dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 15 Padang berada pada kategori baik dengan rentang skor nilai 113,6-138,6 dan banyaknya siswa menjawab pada persentase 65%, dengan rincian:(1)Pada indikator konten  berada pada kategori baik dengan rentang nilai 21,4-25,2 dengan banyaknya siswa menjawab pada persentase 68,1%. (2) Pada indikator proses berada pada kategori baik dengan rentang skor nilai 28,2-33,6 dengan banyaknya siswa menjawab pada persentase 54,2%. (3) Pada indikator konteks berada pada kategori cukup baik dengan skor nilai 14-17 dengan banyaknya siswa menjawab pada persentase 51,4%. (4) Pada indikator sikap berada pada kategori baik dengan skor nilai 48,6-58,8 dengan banyaknya siswa menjawab pada persentase 62,5%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 > >>