ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL DI SMA NEGERI 7 KOTA PADANG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Charlos Decafrio Nofrion Nofrion

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pengembangan ketermpilan berfikir tingkat tinggi siswa atau High Order Thinking Skill(HOTS) dalam perangkat pembelajaran geografi yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP),  lembar kerja peserta didik(LKPD) dan ulangan harian(UH). Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan dokumen sebagai objek kajian. Data pada penelitian adalah data tentang RPP,LKPD, dan tes ulangan harian, data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan di analisis dengan teknik analisis dokumen, teknik persentase dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan High Order Thinking Skill(HOTS) dalam pembelajaran geografi ditinjau dari rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) sudah mencapai 100% berdasarkan indikator diantaranya tujuan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan lembar kerja peserta didik(LKPD) pengembangan High Order Thinking Skill(HOTS) sudah mencapai 100% yang ditandai dengan level soal. Berikutnya ditinjau dari tes hasil belajar berupa ulangan harian(UH) pengembangan High Order Thinking Skill(HOTS) baru mencapai 56% yang ditandai jumlah soal yang terdapat pada level C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Oleh sebab itu diharapkan guru mempertimbangkan sebaran level kognitif soal agar pengembangan High Order Thinking Skill(HOTS) dapat dilaksanakan dalam pembelajaran geografi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles