ANALISIS SPASIAL TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH SEMENTARA (TPS) DI KOTA JAMBI

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Silvi Herwindah Triyatno Triyatno yurni suasti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kesesuaian lokasi TPS. 2) Mengetahui jangkauan pelayanan TPS terhadap wilayah pemukiman. 3) Mengetahui kapasitas TPS.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. 1) Model yang digunakan Sistem Informasi Geografis menggunakan beberapa parameter dengan metode skoring untuk mengetahui kelas kesesuaian lokasi TPS. 2) Metode service area analyst untuk mengetahui jangkauan pelayanan TPS. 3) Membandingkan volume timbulan sampah dengan volume TPS untuk mengetahui kapasitas TPS yang selanjutnya dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus CP (Container Procurement) untuk mengetahui jumlah kontainer yang perlu ditambah.


Hasil penelitian menunjukkan 1) Seluruh TPS di Kota Jambi berada pada kelas sesuai. 2) Hasil service area analyst menunjukkan bahwa jangkauan pelayanan TPS terhadap wilayah pemukiman di Kota Jambi tidak cukup baik, yakni hanya 57,27% penduduknya terlayani secara optimal. 3) Kapasitas TPS di Kota Jambi masih perlu penambahan kontainer sebanyak 30 unit.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles