Analisis Pelaksanaan MGMP IPS SMP/MTs dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Kabupaten Sijunjung Tahun 2017
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala, upaya, manfaat MGMP dalam meningkatkan profesionalitas guru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah peserta MGMP IPS Gugus 2 Kabupaten Sijunjung. Informan yang berjumlah 6 orang. Cara menentukan informan dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Penelitian ini menghasilkan: 1) kendala dalam pelaksanaan MGMP IPS Gugus 2 Kabupaten Sijunjung diantaranya, masalah pendanaan yang kurang mencukupi, kurangnya partisipasi/keaktifan dari anggota, beberapa peserta kadangkala tidak mengerjakan tugas MGMP , sebagian besar guru belum mengerti tentang penulisan PTK dan perangkat pembelajaran lainnya 2) upaya MGMP dalam meningkatkan profesionalitas guru diantaranya, adanya bantuan dana dari APBD, menyusun program kegiatan sesuai dengan kebutuhan guru seperti penulisan PTK dan perangkat pembelajaran, 3) manfaat MGMP dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalitas guru diantaranya, guru dapat mendiskusikan permasalahan yang dihadapi di sekolah, memperoleh informasi edukatif pengetahuan, teknologi, dapat bertukar informasi dan pengalaman, memotivasi guru untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.