Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Kelas X SMA N 1 Kubung
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan, mendeskripsikan, dan menganalisis pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Kelas X SMA N 1 Kubung. Validasi dilakukan oleh 2 orang ahli materi, dan 2 orang ahli media. Kepraktisan dilakukan oleh 1 orang guru geografi dan 30 siswa kelas X IPS 1. Instrumen pengumpul data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa penilaian ahli materi diperoleh persentase 92,93% dengan kategori sangat valid dan penilaian ahli media diperoleh persentase 89,98% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh persentase 85,4% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji praktikalitas oleh siswa kelas X IPS 1 diperoleh persentase 87,84% dengan kategori sangat praktis.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.