Relevansi Perencanaan dengan Pelaksanaan Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Bukittinggi
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui kesesuaian komponen pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran geografi di SMAN Kota Bukittinggi dengan Permendikbud No 22 Tahun 2016 (2)mendeskripskian relevansi perencanaandengan pelaksanaan pembelajaran geografi di SMAN Kota Bukittinggi.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru geografi di SMA Negeri Kota Bukittinggi, dan objek dalam penelitian ini adalah RPP untuk satu Kompetensi Dasar (KD) yang diamati dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis dokumen dan observasi. Instrumen pada penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Kesimpulan pada penelitian ini (1)Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Guru Geografi di SMAN1,2,3,4 dan 5 telah sesuai dengan Permendikbud No.22 Tahun 2016. Walaupun pada pembuatan tujuan pembelajaran ada yang belum sesuai dengan Permendikbud (2)Relevansi perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran geografi di SMAN1, 2, 3, 4 dan 5 telah relevan. Namun kegiatan yang banyak mengalami gangguan yaitu pada kegiatan pendahuluan dan pada kegiatan penutup.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.