PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI MOBILITAS PENDUDUK KELAS XI IPS SMA PERTIWI 1 PADANG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Ranto Harahap Yurni Suasti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar geografi materi mobilitas penduduk kelas XI IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini kuantitatif berbasis eksperimen desain eksperimen semu. Penarikan sampel menggunakan simple random sampling yaitu sampel diambil secara acak dari populasi sehingga menghasilkan dua kelompok sampel kelas XI IPS 1 kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 2 kelompok kontrol. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari pretest dan posttest sebelum setelah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel dengan taraf signifikan 5% (0,05) yakni 4,33 ≥ 1,99 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian uji gain ternormalisasi N gain score kelompok eksperimen 0,72 dengan interpretasi tinggi, sedangkan kelompok kontrol 0,46 interpertasi sedang. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar geografi.


 


Kata Kunci : Problem Based Learning, Eksperimen, Hasil Belajar

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>