PENGARUH PENERAPAN CASE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Apin Dila Nofrion Nofrion

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar geografi. Yang  dilaksanakan di SMAN 1 Harau Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan jenis penelitian berupa posttest control only group desain. Sedangkan untuk sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa X IPS 1 yang memiliki 36 siswa sebagai kelas eksprimen, dengan menerapkan model pembelajaran Case Based Learning. Sedangkan X IPS 5 yang memiliki 36 siswa sebagai kelas konvensional, menerapkan model pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, soal pilihan ganda sebanyak 45 soal dan tes dokumentasi. Dari hasil rata-rata nilai postest kelas eksperimen didapatkan perolehan nilai 83,61 dan kelas konvensional 61,69. Analisis data dari dua kelompok sampel menggunakan uji-t dengan sistem SPSS 21 sehingga diperoleh nilai signifikan 0,00 yang berada dibawah α= 0,05 (sig>α). Ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Case Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar Geografi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4 5