HUBUNGAN PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA N 1 ULAKAN TAPAKIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Cendy Susanti Ahyuni Ahyuni

Abstrak

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pendapatan dan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Metode Regresi Liniar Berganda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 80 siswa dengan sampel 80 siswa menggunakan “total sampling”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendapatan tidak berpengaruh positif, dan pendidikan tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, sedangkan pendapatan dan pendidikan orang tua secara simultan juga tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan rumus regresi berganda antara variabel  bernilai positif 1,344 dan tingkat signifikan 0,195 > 0,05, artinya variabel pendapatan tidak berpengaruh. Pada variabel  bernilai negatif - 0,215, dan tingkat signifikan 0,554 > 0,05, artinya variabel pendidikan tidak berpengaruh positif secara signifikan. Kontribusi pendapatan dan pendidikan orang tua hanya sebesar 2,2% terhadap hasil belajar siswa, sedangkan 97,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti faktor internal minat, bakat, motivasi, cara belajar, dan faktor eksternal lingkungan sekolah, lingkungan masyarakatnya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>