ANALISIS KESULITAN DAN UPAYA PEMECAHAN DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IIS SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI

Main Article Content

Ingga Pangestika Khairani khairani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan yang dialami siswa dan guru dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa kelas X IIS dan guru dalam pembelajaran geografi di SMAN 3 Muaro Jambi dan upaya yang dilakukan siswa dan guru dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMAN 3 Muaro Jambi. Teknik penentuan informan penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu guru geografi dan siswa kelas X IIS SMAN 3 Muaro Jambi, diambil dari hasil belajar siswa yang tidak tuntas atau dibawah KKM yaitu terdiri dari 35 dari 85 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi.


Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam proses pembelajaran geografi, masih ada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran geografi yaitu ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kesehatan, intelegensi, perhatian, minat, kelelahan. Sedangkan faktor eksternal. terdiri dari faktor orang tua yang meliputi cara orang tua mendidik, suasana rumah, kondisi ekonomi keluarga, faktor sekolah yang meliputi metode pembelajaran, lingkungan sosial di sekolah, sarana dan prasarana sekolah, yang terakhir faktor masyarakat yang meliputi media massa dan teman bergaul. Sedangkan faktor kesulitan guru dalam pembelajaran geografi yaitu sarana dan prasarana yang masih kurang dalam proses pembelajaran di sekolah, metode pembelajaran yang kurang bervariasi, dan penguasaan materi yang kurang terutama persiapan sebelum mengajar.


Upaya Pemecahan yang dilakukan siswa dalam mengatasi kesulitan dalam pembelajaran geografi yaitu belajar mandiri dengan membaca kembali buku yang sudah ada disekolah, browsing dan searching di internet, bertanya kepada teman atau kakak kelas, serta bertanya kepada guru. Sedangkan upaya pemecahan yang dilakukan guru dalam pembelajaran Geografi. adalah memanfaatkan alam sekitar untuk materi yang menggunakan metode praktek, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menguasai materi dengan baik serta memperluas wawasan agar dapat mengajar dengan lebih baik lagi.


Kata Kunci: kesulitan belajar,  faktor penyebab, upaya pemecahan


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>