IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK ASPEK SIKAP PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 SUNGAI PUAR
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Penilaian Autentik Aspek Sikap Pada Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Sungai Puar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penilaian autentik yang dianggap sebagai penilaian yang tepat untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan hasil belajar peserta didik. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Sungai Puar dengan karakteristik populasi yaitu siswa kelas X IPS T.P 2021/2022, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah “purposive random sampling”yaitu sebanyak 48 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik-deskriptif. Teknik analisis statistik-deskriptif merupakan teknik analisis dengan menggunakan perhitungan angka-angka terhadap variabel yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka-angka yang kemudian hasilnya dideskripsikan dalam bentuk kalimat. Tingkat implementasi penilaian autentik aspek sikap pada pelajaran geografi pada SMA Negeri 1 Sungai Puar pada aspek pelaksanaan yaitu secara keseluruhan masuk kedalam kategori cukup baik dengan perolehan persentase sebesar 29% baik, 67% cukup baik, dan 4% kurang baik
Kata kunci: penilaian autentik, sikap, pelajaran geografi