IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI MATA KULIAH APLIKASI SIG PADA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNP Studi pada mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2020

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Shofiyah Fia Azizah Khairani khairani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model pembelajaran blended learning pada mata kuliah aplikasi SIG bagi mahasiswa pendidikan geografi 2020 yang didalamnya mencangkup proses dan faktor penghambatnya.


Jenis penelitian ini merupakan penelitian gabungan (mixed methods research) yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling kepada 20 mahasiswa dari 93 orang mahasiswa.


Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Mata Kuliah Aplikasi SIG pada Program Studi Pendidikan Geografi UNP dapat terimplementasikan dengan baik kepada mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2020 karena hasil angket menunjukkan rata-rata sebesar 65%. Sedangkan faktor penghambat dari pembelajaran blended learning yaitu seringnya mahasiswa mengalami kendala pada laptop yang tidak bisa digunakan untuk melakukan praktek pada aplikasi pemetaan dan kurang memahami pengaplikasian data dalam ArcGIS dan kesulitan melaksanakan praktikum pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4 > >>