STRATEGI GURU DALAM PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI MAN 1 KERINCI DAN SMAN 6 KERINCI

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Akila Afra Santika Rahmanelli Rahmanelli

Abstrak

Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Keberhasilan belajar siswa dapat diukur dari pencapaian hasil belajar siswa berdasarkan standar kriteria ketuntasan belajar minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran Geografi dalam pencapaian KKM di masa pandemi covid-19 kelas XI IPS di MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pencapaian KKM pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci, 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Geografi dalam menjalankan strategi pembelajaran untuk pencapaian KKM  di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci. Hasil penelitian ini berguna bagi guru, siswa dan sekolah dalam mencapai KKM peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran: a) kegiatan pendahuluan: guru membuat RPP untuk satu semester. Kegiatan pra-pembelajaran dilakukan dg pre-test dalam bentuk tanya jawab. b) penyampaian informasi: metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. Media yang digunakan yaitu lisan guru, gambar, buku pelajaran, dan video. c) Partisipasi peserta didik, interaksi siswa dengan guru pola interaksi satu arah dan dua arah, sedangkan interaksi sesama siswa terjadi saat menggunakan metode tanya jawab dan metode game. d) Tes: bentuk tes yang digunakan guru untuk melakukan penilaian berupa essay. e) kegiatan lanjutan: siswa yang nilainya belum mencapai KKM melakukan kegiatan remedial. 2) dari total keselurahan siswa 46 orang, terdapat 87% peserta didik atau setara dengan 40 peserta didik mendapatkan nilai diatas standar KKM dan 13% peserta didik atau setara dengan 6 orang peserta didik yang nilainya belum mencapai standar KKM. 3) kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan dalam memilih media pembelajaran karena sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai, peserta didiknya juga banyak yang kurang aktif saat proses pembelajaran, serta pekarangan sekolah yang cukup sempit dan sekolah juga berada di permukiman penduduk membuat suara bising dari luar kelas dapat masuk dan mengganggu konsentrasi peserta didik saat kegiatan pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4 5 > >>