EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS GOOGLE CLASSROOM (GCR) DI SMAN 6 MEDAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS GOOGLE CLASSROOM (GCR) DI SMAN 6 MEDAN

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yeni Wahyuni Wahyuni Sri Mariya

Abstrak

Pada masa pandemi covid-19, sistem pendidikan mulai mencari inovasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ialah google classroom. Di sekolah SMA Negeri 6 Medan untuk yang pertama kalinya melaksanakan pembelajaran daring berbasis google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Medan selama masa pandemi.


Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik total sampling,  jumlah sampel  penelitian ini diambil dari seluruh populasi kelas X-IIS  sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu koesioner dan data dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran  siswa kelas X-IIS di SMA Negeri 6 Medan menggunakan media  Google Classroom masuk pada tingkat capaian sangat efektif  sebanyak 42 siswa dari 72 responden dengan persentase 58,33%,  26 siswa atau 36,11% pada tingkat capaian cukup efektif, 3 siswa atau 4,16% pada tingkat tidak efektif , dan 1 siswa atau 1,4%  pada tingkat capaian sangat tidak efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4