PERILAKU PENDAKI DALAM UPAYA KELESTARIAN DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN JALUR PENDAKIAN GUNUNG KERINCI DI KABUPATEN KERINCI

Main Article Content

Muhammad Anderton

Abstract

PERILAKU PENDAKI DALAM UPAYA KELESTARIAN DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN JALUR PENDAKIAN


GUNUNG KERINCI DI KABUPATEN KERINCI


 


Muhammad Anderton[1]


Program Studi Pendidikan Geografi


Jurusan Geografi


Fakultas Ilmu Sosial


Universitas Negeri Padang


email:


 


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku pendaki dalam mengelola sampah selama pendakian di jalur pendakian Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci, 2) perilaku pendaki terhadap sampah di jalur pendakian Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci dan 3) perilaku pendaki terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan di jalur pendakian Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci.


Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Gunung Kerinci yang terletak di Desa Gersik Tuo, Kabupaten Kerinci. Penelitian ini dilaksanakan pada 7 oktober 2019 Dalam penelitian ini informan peneliti dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan informan secara tidak acak, tetapi dengan pertimbangan dan kriteria tertentu. Informan dalam penelitian ini adalah para pendaki yang ada di Gunung Kerinci. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan penelitian. Pengambilan data yang relevan dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokuemntasi. Untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan teknik triangulasi data. Metode analisis data menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan Perilaku pendaki terhadap sampah di jalur pendakian gunung kerinci kabupaten kerinci pendapat para pendaki mengenai sampah yang ada adalah kurang nyaman melihat sampah yang ada. sampah yang berserakan pada umumnya tidak terlalu banyak, namun menganggu pemandangan sekali akan kotornya alam oleh tangan manusia yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungan. para pendaki seumpamanya masuk kedalam komunitas pencinta alam, maka mereka akan melakukan aktifitas untuk mengurangi sampah serta bertindak langsung dan berpartisipasi dalam menjaga kebersihan jalur pendakian gunung kerinci dengan cara bisa aksi bersih-bersih bersama dan lain sebagainya. faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku pendaki dalam mengelola sampah selama pendakian di jalur pendakian Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci menurut kepribadian mereka yang mendaki gunung kerinci mereka sudah terbiasa untuk membuang sampah pada tempat nya, sehingga saat mlakukan pendakian pun mereka tidak terlalu sulit untuk menjaga kebersihan.


 


Kata Kunci: Perilaku pendaki, kelestarian dan kebersihan lingkungan, Gunung Kerinci


 


 


[1] Artikel ini ditulis dari skripsi penulis dengan judul Perilaku Pendaki Dalam Upaya Kelestarian Dan Kebersihan Lingkungan Jalur Pendakian Gunung Kerinci Di Kabupaten Kerinci untuk wisuda periode Desember 2020 dengan Pembimbing Ratna Wilis,SPd. ,M.P

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles