DAMPAK MEDIA INTERNET TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VIII Di SMPN 2 KINALI KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak media internet terhadap perilaku siswa kelas VIII SMPN 2 Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang dilihat dari cara siswa mengakses internet, situs apa yang sering dikunjungi oleh siswa, dan dampak media internet terhadap prilaku siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kinali sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: (1) Media yang sering kali digunakan peserta didik saat mengakses internet menggunakan handphone, karena dengan handphone akses internet menjadi mudah,bisa mengakses internet kapan saja dan dimana saja sedangkan bagi siswa yang tidak mempunyai handphone bisa mengakses internet dengan pergi mengunjungi warnet. (2) Website atau situs yang sering dikunjungi siswa yaitu wikipedia, website sosial media seperti facebook, instagram, twitter, youtube, dan situs permainan game online seperti game online pointblank, zynga poker, dan dragonest, mereka tidak memanfaatkan internet untuk menunjang pembelajaran di sekolah melainkan memanfaatkan internet untuk hal yang tidak penting. (3) Dampak media internet terhadap perilaku siswa,ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Dampak positif media internet terhadap pe rilaku, gaya style berpakaian yang semakin update dan tidak kolot, penampilan yang semakin menarik, meningkatkan kreatifitas siswa, sedangkan dampak negatif internet kecanduan bermain game online,banyak game yang ada unsur perjudian, tayangan yang berisikan konten dewasa membuat siswa secara tidak langsung juga meniru dari tayangan yang mereka lihat, suka berbohong dan menimbulkan rasa malas.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.