ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FIS UNP ANGKATAN 2016

Main Article Content

rahmaddian iyan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar mahasiswa berdasarkan jalur masuk dan urutan pilihan masuk pada program studi Pendidikan Geografi angkatan 2016. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2016. Sampel dipilih secara Total Sampling sebanyak 128 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kemudian dianalisis dengan memanfaatkan program Ms. Excel. Hasil penelitian meliputi: jalur masuk dan urutan pilihan masuk. Berdasarkan jalur masuk mahasiswa jalur masuk Mandiri ada 63 mahasiswa dari 128 mahasiswa. Jalur Bidikmisi terdapat 17 mahasiswa. Jalur SBMPTN terdapat 20 mahasiswa. Jalur SNMPTN terdapat 27 mahasiswa dan Jalur Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) terdapat 1 Mahasiswa. Berdasarkan urutan pilihan masuk menunjukan pilihan pertama terdapat 65 mahasiswa, pilihan kedua terdapat 41 mahasiswa dan pilihan ketiga terdapat 22 mahasiswa. Berdasarkan dari jalur masuk dan hasil belajar mahasiswa bahwa lebih banyak jalur masuk melaui jalur masuk SNMPTN terdapat 24 mahasiswa pada rentang IPK 3,00-3,49. Berdasarkan dari urutan pilihan masuk dan hasil belajar mahasiswa bahwa lebih banyak pilihan pertama terdapat 48 mahasiswa pada rentang IPK 3,00-3,49. Berdasarkan tingkat keterpuasan terhadap hasil belajar: belum puasĀ  pada 47, 65 %. Berdasarkan alasan yang telah di ungkapkan: Target belum tercapai 35, 93 %. Berdasarkan kendala-kendala dalam perkuliahan: Kurangnya usaha dalam diri sendiri 31,25 %. Berdasarkan upaya Mahasiswa: dengan cara emperbaiki cara belajar 39,84 %. Harapan kedepan mahasiswa: Berharap ada peningkatan terhadap IPK 50,70 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles