ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU GEOGRAFI BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA KELAS X KD 3.1. DAN KD 3.6. DI SMA NEGERI KOTA SAWAHLUNTO ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU GEOGRAFI BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA KELAS X KD 3.1. DAN KD 3.6. DI SMA NEGERI KOTA SAWAHLUNTO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan HOTS dalam RPP guru Geografi yang terdiri dari beberapa komponen diantaranya pada tujuan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada kelas X KD 3.1. dan KD 3.6. SMA Negeri kota Sawahlunto. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh RPP guru Geografi yang ada di SMA Negeri Sawahlunto. Sampel yaitu RPP guru Geografi yang mengajar pada kelas X. Sumber data yaitu dokumen RPP guru Geografi. Jenis Penelitian Kuantitatif dengan Analisis Konten. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan Persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa HOTS telah diterapkan kedalam Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di ketiga sekolah tersebut. Untuk rata-rata persentase HOTS dalam komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 1 sebesar 90%. SMA Negeri 2 dengan rata-rata Persentase sebesar 50%. Pada SMA Negeri 3 rata-rata Persentase HOTS sebesar 50%.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.