PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI BERBASIS WEBLOG PADA MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 8 PADANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengembangkan sumber belajar geografi berbasis weblog pada materi kelas X SMA, 2) mengetahui kevalidan sumber belajar geografi berbasis weblog, 3) mengetahui kepraktisan sumber belaja geografi berbasis weblog. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model ASSURE. Model dikembangkan dalam enam tahapan yaitu a)analisis peserta didik, b) merumuskan tujuan pembelajaran, c) memilih metode, media dan bahan ajar, d) memanfaatkan media dan materi, e) mengembangkan peran serta peserta didik, f) evaluasi dan revisi. Validasi dilakukan oleh ahli perangkat pembelajaran, ahli materi dan media. Kepraktisan dilakukan oleh dua orang guru geografi dan 30 orang siswa SMAN 8 Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa sumber belajar geografi berbasis weblog sangat valid dan sangat praktis. Ahli perangkat pembelajaran menilai sangat valid dengan nilai akhir 90,74%, ahli materi menilai sangat valid dengan nilai akhir 90,56%, dan ahli media menilai sangat valid dengan nilai akhir 85,42%. Guru geografi menilai sangat praktis dengan nilai akhir 83,04%, dan siswa kelas X IPS SI SJ 2 menilai sangat praktis dengan nilai akhir 83,47%.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.