Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Prezi pada Materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran geografi berbasis prezi pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan yang valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini termasuk penelitian Research and Development dengan menggunakan model 4-D sebagaimana yang disarankan Thiagarajan dan Semmel dalam Trianto (2010: 189). Model ini dikembangkan dalam empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran geografi berbasis prezi berada pada kategori valid dari ahli materi dengan nilai 89,425%, kategori sangat valid dari ahli media dengan nilai 91,44%, kategori praktis dari guru geografi SMA 8 Padang dengan nilai 88,46% dan kategori praktis dari siswa dengan nilai 82,34%.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.