Analisis Ketersediaan Air Irigasi Untuk Pertanian Padi di Kecamtan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar

Main Article Content

Fajri Saputra

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menghitung berapa ketersediaan air di Batang Selo, menghitung berapa kebutuhan air irigasi untuk pertanian padi di Kecamatan Padang Ganting dan  menentukan pola tanam yang tepat berdasarkan ketersediaan air yang ada di Kecamatan Padang Ganting.


Jenis penelitian menggunakan metode deskriktif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sawah irigasi teknis seluas 692 ha. Teknik pengumpulan data yaitu dari pengumpulan data sekunder, observasi dan dokumentasi.


Hasil penelitian menemukan sebagai berikut: Debit rata-rata Batang Selo yaitu sebesar 5,41 m3/dt dan debit yang sampai ke saluran irigasi pada saluran primer adalah sebesar  1,56 m3/dt, pada saluran sekunder sebesar 0,024 m3/dt dan saluran tersier 0,0011 m3/dt.  Kebutuhan air untuk pertanian yaitu berkisar antara 0,10 m3/dt sampai 0,62 m3/dt untuk masa tanam I dan kebutuhan air untuk masa tanam II yaitu 0,10 sampai 0,57 m3/dt dan untuk pola tanam yang tepat pada daerah penelitian adalah Padi-padi-palawija dengan kebutuhan air pada masa tanam I yaitu 0,12 sampai 0,40 dan untuk kebutuhan air pada masa tanam II yaitu 0,11 sampai 0,42 m3/dt.



Kata kunci: Debit sungai, kebutuhan air irigasi, pola Tanam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles