Faktor-faktor Keterlambatan Studi Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Main Article Content

aprizal buansah

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Pendidikan Geografi tahun masuk 2010-2013 Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Geografi FIS UNP. Informan dalam Penelitian ini ditentukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi.


Penelitian ini menemukan: (1) faktor internal penyebab keterlambatan penyelesaian studi yaitu ketidakmampuan informan untuk mengambil kesempatan dan mengatur waktu dengan baik untuk menyelesakan studinya. Selain itu minat, bakat, dan motivasi, serta tingkat kecerdasan informan yang masih kurang yang menyebabkan hasil belajar kurang memuaskan, (2) Faktor eksternal keadaan lingkungan dan faktor-faktor instrumental berpengaruh terhadap proses belajar informan namun tidak mempengaruhi keterlambatan studi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles